Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel

 

Pengertian Dan Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel – Yang dimaksudkan dengan utang adalah sebuah kewajiban suatu badan usaha / perusahaan ditujukan kepada pihak ketiga yang dibayar dengan cara menyerahkan aktiva atau jasa dalam jangka waktu tertentu sebagai akibat adanya transaksi di masa lalu.

Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel
Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel

Penggolongan Utang Usaha

Utang usaha dalam sebuah perusahaan bisa digolongkan menjadi beberapa bagian antara lain :

1/Utang jangka pendek adalah utang yang jatuh tempo dalam jangka waktu kurang dari setahun contohnya adalah utang usaha dagang, utang wesel, beban yang masih harus dibayar, utang hadiah, utang garansi dan lain sebagainya.

2/Utang jangka pendek adalah utang yang pelunasannya akan dilakukan dalam jangka waktu lebih dari setahun, contohnya adalah utang hipotik, utang obligasi, utang bank, dan lain – lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Forum WordPress

Metode Pencatatan Utang

Pencatatan utang usaha memakai dua metode pencatatan utang yaitu ‘Account Payable Procedure’ dan ‘Voucher Payable Procedure’. Dalan Account Payable Procedure ini catatan utang adalah berupa kartu utang yang diselenggarakan untuk masing – masing kreditur dengan cara memperlihatkan catatan mengenai nomor faktur dari pemasok yang jumlahnya terutang, jumlah pembayaran dan saldo utang.

Dalam Voucher Payable Procedure biasanya tidak menggunakan kartu utang. Namun menggunakan arsip voucher yang disimpan dalam arsip menurut abjad atau menurut tanggal jatuh temponya. Arsip bukti kas keluar ini berfungsi sebagai catatan utang.

Hutang yang pembayarannya dalam jangka pendek adalah :

  1. Hutang usaha / account payable adalah hutang jangka pendek tidak disertai perjanjian tertulis yang muncul karena adanya transaksi pembelian kredit.
  2. Wesel bayar / notes payable adalah hutang jangka pendek yang disertai perjanjian tertulis sesuai dengan ketentuan undang – undang.
  3. Beban – beban yang harus dibayar / accruals payable adalah suatu kewajiban yang telah menjadi beban seharusnya sudah dibayar namun belum dibayar karena belum saatnya melakukan pembayaran.
  4. Oenghasilan yang ditangguhkan / deferred revenue adalah penerimaan persekot pembayaran dari pihak lain / penghasilan yang belum menjadi hak perusahaan tetapi sudah diterima.

Jenis – Jenis Long Term Debts

  1. Hutang hipotik adalah hutang jangka panjang dengan jaminan aktiva tetap.
  2. Pinjaman obligasi adalah surat tanda berutang kepada pemegang dengan pembayaran bunga yang pelunasannya lebih dari setahun.

Seperti diketahui bahwa istilah notes payable kerap diterjemahkan menjadi utang wesel atau wesel bayar. Yang sebenarnya dapat mengacu kepada surat utang atau surat perjanjian utang – piutang secara umum baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Perlu untuk diketahui bahwa surat utang disebut jangka pendek apabila mempunyai jangka waktu kurang dari setahun yang mana utang jangka pendek disajikan sebagai kewajiban lancar dalam nerasa / laporan posisi keuangan. Kewajiban lancar dalam neraca dapat mencakup utang jangka panjang yang jatuh temponya sudah dekat sekitar kurang dari setahun terhitung dari tanggal neraca.

Pengertian Surat Wesel

Menurut Kitab Undang – Undang Hukum Dagang / KUHD yang dimaksudkan dengan surat wesel adalah surat perintah membayar sejumlah uang dari satu pihak kepada pihak lain pada tanggal tertentu di suatu tempat tertentu. Apabila bunga dikenakan terhadap jumlah yang harus dibayar maka suku bunga wesel juga akan dinyatakan di dalam surat wesel.

Bagi pihak yang akan menerima pembayaran maka surat wesel merupakan piutang atau tagihan yang disebut piutang wesel atau wesel tagih. Bagi pihak yang harus membayar maka surat wesel merupakan utang atau kewajiban yang disebut utang wesel atau wesel bayar.

Nah itulah pengertian dan perbedaan utang usaha dengan utang wesel, semoga bisa dipahami.

Baca Juga : Pengertian Long Tail Keyword

About the Author: penek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *