Pengertian Enzim DNA

Pengertian Enzim DNA

Pengertian Enzim DNA – DNA adalah susunan dari nukleotida yang berulang-ulang, yang kemudian akan membentuk sebuah polimer besar. Setiap nukleotida yang menyusun DNA terdiri dari gugus fosfat, gula pentosa dan basa nitrogen.

Gugus fosfat berfungsi untuk menghubungkan molekul gula. Sedangkan gula pentosa pada DNA adalah gula deoksiribosa. Molekul gula tersebut terikat pada basa nitrogen.

DNA mempunyai peranan dalam sifat genetik suatu organisme karena setiap makhluk hidup mempunyai urutan pasangan basa yang spesifik dan berbeda dengan organisme lainnya.

Perbedaan urutan pasangan basa antar organisme dapat dilihat pada saat sequence (proses pengurutan basa) dalam analisis DNA. Selain itu DNA juga berfungsi untuk mensintesis molekul lain, contohnya RNA. Dan juga untuk replikasi diri.

Dengan kemampuan replikasi diri ini adalah ciri dari setiap organisme yang bisa diamati sampai tingkat molekuler, yaitu perbanyakan materi genetik. Pada proses replikasi ini diperlukan bahan baku seperti deoksiribonukleutida, enzim dan juga nukleutida.

Pada proses replikasi DNA diawali dengan memisahknya rantai ganda DNA yang disebabkan oleh enzim dna helikase. Sehingga akan terbentuk dua rantai tunggal DNA. Kedua rantai tunggal DNA ini yang nantiny akan digunakan sebagai cetakan DNA baru dengan bantuan DNA polimerase.

Secara hipotesis terdapat 3 model untuk replikasi DNA. Konservatif, semi konservatif dan juga dispersif. Model konservatif, berjalan ketika rantai ganda DNA hanya digunakan sebagai cetakan untuk pembuatan rantai ganda DNA baru. Model konservatif ini lah yang mendukung adanya replikasi DNA.

Dimana rantai ganda DNA akan berpisah, dan kedua rantai tersebut akan disintesis agar menjadi 2 rantai ganda DNA yang sama seperti rantai ganda DNA lama. Sedangkan untuk model dispersif, yaitu menggabungkan kedua model sebelumnya.

Baca juga : Cara budidaya bayam

About the Author: penek

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *