Manfaat Daun Sirih Dalam Kehidupan Sehari Hari

Hai kamu. Kamu tau daun sirih kan? Kalo manfaatnya? Naah kalo belum tau, kamu beruntung banget bisa menemukan artikel ini di google. Karena di artikel ini akan kami sampaikan tentang kandungan dan manfaat dari tanaman sirih. Selamat membaca yaa..

Manfaat Daun Sirih Dalam Kehidupan Sehari Hari
Manfaat Daun Sirih Dalam Kehidupan Sehari Hari

Setelah diteliti, kandungan yang terkandung dalam daun sirih hijau ternyata sangat banyak. Beberapa kandungan itu diantaranya : minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, fenil propana, kavicol, allylpyrokatekol, caryophyllene, kavibetol, cyneole, diastase, tanin, cadinene, seskuiterpena, terpennena, pati, dan gula.

Baca Juga :

Semua zat tersebutlah yang menjadikan tanaman sirih menjadi tanaman yang cukup kaya akan manfaat dan dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, terutama untuk membantu menyehatkan manusia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun tanaman sirih hijau:

  • Bisa membantu pengobatan penyakit Asma
  • Bisa membantu menghilangkan aroma ketiak yang kurang sedap
  • Dapat mengobati penyakit eksim, ataupun penyakit kulit lainnya.
  • Air rebusan sirih ini juga bisa dipakai untuk membersihkan mata kita.
  • Dapat Membantu mengobati radang pada tenggorokan
  • Meminum ramuan air rebusan sirih juga membantu memperlancar haid yang datangnya tidak teratur
  • Tanaman sirih hijau dapat dijadikan obat untuk (caranya dengan mengambil selembar daun sirih kemudian digulung, lalu sumpalkan kehidung anda.)
  • Disamping itu, jika kita secara rutin melakukan kumur dengan air rebusan Sirih Hijau maka bau mulut kita yang tidak sedap pun akan hilang.
  • Tanaman Sirih Hijau juga bisa menjadi pengusir semut, lalat, nyamuk dan juga serangga lainnya.
  • Dapat menjadi pengobat gigi dan gusi yang mengalami Caranya dengan cukup kunyah daun Sirih Hijau dengan jumlah secukupnya ataupun berkumur-kumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih ini. Jika itu dilakukan, maka sakit gigi dan gusi bengkak yang kita alami akan secara berangsur-angsur sembuh dan hilang.
  • Cairan campuran daun Sirih Hijau, sebenarnya bisa dijadikan sebagai obat semprot alternative untuk hama. Hal ini dinilai aman karena tidak membuat tanaman yang kita lindungi Sementara disisi lain, hama penyakit yang menyerang tanaman akan sirna.
  • Daun tanaman Sirih Hijau juga banyak dipercaya mampu untuk membantu mengobati penyakit keputihan wanita. Metode terapi penyembuhanya yakni dengan merebus daunnya (takaran porsi secukupnya). Kemudian air rebusan itu bisa kita minum. Namun sisakan separuh untuk nantinya membasuh bagian miss V.
  • Daun tanaman sirih hijau juga diketahui dapat membantu untuk mengobati penyakit DBD yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Untuk cara pengobatanya, kita cukup minum rebusan daunnya, dan kemudian air rebusan itu nantinya bisa mematikan kuman yang menjadi sumber penyebab penyakit demam berdarah. Untuk mencegah terserang penyakit DBD, kita bisa oleskan ramuan daun tanaman Sirih Hijau yang telah dihaluskan ke tubuh. Jika itu kita lakukan, maka nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah tidak akan menggigit dan menghisap darah kita.
  • Dapat mengobati bagian tubuh yang memiliki luka bakar. Cara pengobatanya dengan memanaskan lembaran daun sirih hijau hingga layu, kemudian daun tersebut ditempelkan kepada bagian anggota tubuh yang terkena luka bakar tadi.
  • Jika anda memiliki sariawan, maka daun tanaman sirih hijau dapat dijadikan alternative solusi alami yang baik untuk mengobati sariawan. Simpel, caranya cukup kunyah-kunyah daunnya sebentar atau bisa juga dengan melakukan kumur dengan hasil air
  • Daun tanaman sirih hijau juga mampu menghilangkan rasa gatal yang mengganggu kulit kita. Cara mengobantunya cukup dengan mengoleskan hasil ramuan daun Sirih Hijau yang sudah ditumbuk halus ke area bagian tubuh yang merasa

Sepertinya sekian dulu. Semoga bermanfaat, see you next post!

About the Author: penek

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *