Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit – Tanaman kunyit atau dalam nama ilmiahnya dikenal dengan sebutan curcuma longa l merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang cukup populer dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal selain rimpang kunyit berguna sebagai bumbu masak.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit

Rimpang kunyit adalah salah satu tanaman yang aslinya berasal dari India dan menyebar ke berbagai wilayah melalui perdagangan dan lain sebagainya. Sementara itu di Indonesia tanaman ini memiliki nama yang berbeda – beda pada masing – masing daerahnya seperti kunir, kuning, cahang, janar, dan lain sebagainya.

Tanaman kunyit mampu tumbuh dengan subur pada ketinggian tanah sekitar 1300 s/d 1600 mdpl dengan curah hujan yang sangat baik.

Baca Juga : Cara Stek Tanaman Gantung

Bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat tentang tanaman kunyit maka melalui artikel kami kali ini akan berbagi sedikit informasi tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman kunyit adalah sebagai berikut :

Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman kunyit.

Klasifikasi Tanaman Kunyit

Kingdom Plantae
Sub kingdom Viridiplantae
Infra kingdom Streptophyta
Super divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super ordo Lilianae
Ordo Zingiberales
Famili Zingiberaceae

 

Genus Curcuma L
Spesies Curcuma Longa L

Setelah anda mengenal dengan jelas tentang klasifikasi dari tanaman kunyit maka langkah selanjutnya adalah mengetahui morfologi dari tanaman kunyit yang meliputi morfologi daun, morfologi batang, morfologi bunga dan morfologi akar. Berikut di bawah ini adalah ciri – ciri morfologi tanaman kunyit.

Morfologi Tanaman Kunyit

1. Morfologi daun tanaman kunyit

Daun tanaman kunyit memiliki ukuran yang besar berbentuk elips dimana pada masing – masing batang kunyit terdapat 5 s/d 15 lembar daun dengan panjang hingga mencapai 85 cm dan lebar 25 cm. Pada bagian pangkal dan ujung berbentuk meruncing dan bagian tepi daun merata serta memiliki warna hijau muda hingga hijau tua.

2. Morfologi batang tanaman kunyit

Batang tanaman kunyit merupakan batang semu dengan warna hijau dan rata – rata ketinggian batang tersebut bisa mencapai 70 s/d 100 cm. Arah pertumbuhan batang adalah tegak lurus ke atas, berbentuk bulat membentuk rimpang dan tersusun atas pelepah – pelepah daun yang agak lunak. Kulit luar rimpang berwarna oranye hingga kecokelatan sedangkan dagingnya berwarna merah kekuningan.

3. Morfologi bunga pada tanaman kunyit

Bunga tanaman kunyit muncul dari rimpang yang terletak pada bagian batang yang mana bunga kunyit ini mempunyai tangkai yang berambut kasar. Dalam keadaan kering bunga mempunyai ketebalan rata – rata 2 s/d 5 mm dan panjang berkisar antara 4 s/d 8 cm dan bersifat majemuk serta memiliki mahkota berwarna putih dengan ukuran masing – masing adalah 3 x 1,5 cm dan memiliki rambut dan sisik pada batang sepanjang 10 s/d 15 cm.

4. Morfologi akar pada tanaman kunyit

Akar tanaman kunyit mempunyai aroma khas yang memiliki cita rasa agak pedas dan pahit. Apabila dilarutkan di dalam air maka akar kunyit akan menghasilkan zat bernama curcuminoid yang berwarna kuning.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa klasifikasi dan morfologi dari tanaman kunyit merupakan bagian dari ilmu pengenalan tentang ciri – ciri dari tanaman kunyit. Yang mana klasifikasi tanaman kunyit telah kami sajikan pada table tersebut di atas yang merupakan penempatan organisme secara berurutan pada kelompok – kelompok tertentu / takson yang didasarkan oleh persamaan dan perbedaan. Sementara itu untuk morfologi dari tanaman kunyit meliputi morfologi daun, batang, bunga, dan buah seperti yang telah dijelaskan tersebut di atas.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman kunyit, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kedondong

About the Author: penek

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *