Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Madu

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Madu – Yang dimaksudkan dengan jeruk adalah salah satu tanaman buah – buahan yang berasal dari Asia Tenggara yaitu India, Cina Selatan dan beberapa jenis dari Florida, Australia Utara, dan Kaledonia. Namun saat ini tanaman jeruk sudah sangat mudah dijumpai di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Madu
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Madu

Dalam daging buah jeruk banyak mengandung phytochemicals yang berfungsi melawan agen – agen penyebab kanker. Selain itu dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk maka akan bermanfaat di dalam mengatur tekanan darah, meredakan sembelit, mencegah penyakit jantung, membersihkan darah, dan fungsi yang lainnya.

Baca Juga : Klasifikasi Cendana

Mengenal Klasifikasi Dari Tanaman Jeruk

Kingdom Plantae / tumbuhan
Sub kingdom Tracheobionta / tumbuhan berpembuluh
Super divisi Spermatophyta / tanaman berbiji
Divisi Magnoliophyta / tanaman berbunga
Kelas Magnoliopsida / tumbuhan dikotil
Sub kelas Rosidae
Ordo Sapindales
Famili Rutaceae
Genus Citrus L
Spesiea Citrus Sinensis / Jeruk Manis

Morfologi Dari Tanaman Buah Jeruk

1/Morfologi Akar Pada Tanaman Buah Jeruk

Tanaman ini memiliki sistem perakaran yang bersifat perakaran tunggang yang sangat kuat, serabut dan juga akar – akar halus, Akar tunggang yang dimaksudkan mampu tumbuh mencapai kedalaman hingga 4 meter pada kondisi tanah yang subur dan gembur. Akan tetapi akar ini akan terhenti pertumbuhannya apabila struktur tanah keras atau tanah berada di dalam genangan air yang berlebihan. Kondisi ini terjadi karena ujung – ujung akar tanaman terdiri dari sel – sel muda yang senantiasa melakukan pembelahan dan merupakan titik tumbuh kembali dari akar baru tanaman buah jeruk. Keadaan sel – sel ini sangat lembut sehingga mudah sekali rusak apabila menembus tanah yang keras dan padat.

2/Morfologi Daun Pada Tanaman Buah Jeruk

Daun jeruk ada yang membentuk sayap untuk kelompok jeruk aurantium dan ada huga yang tidak bersayap yaitu dari kelompok jeruk medica. Daun tanaman ini mempunyai panjang antara 5 s.d 15 cm dengan bentuk oval dan pada bagian ujung daun sedikit meruncing serta pada bagian pangkal agak melingkar dan tumpul.

Tulang – tulang daun jeruk ada yang berbentuk menyirip beraturan dan ada juga berbentuk berselang – seling serta bagian tepi bergerigi dan ada yang mulus. Apabila daun jeruk diremas maka akan mengeluarkan bau yang spesifik karena mengandung minyak asiri dan daun jeruk memiliki warna hijau tua dan terlihat tebal seperti berlapis lilin.

3/Morfologi Batang Tanaman Buah Jeruk

Tanaman jeruk mempunyai batang berbentuk bulat dan pada titik – titik tertentu terdapat mata tunas. Batang tanaman jeruk ada yang bertekstur kasar namun ada juga yang halus dan sebagian lagi berduri tergantung varietasnya. Apabila batang – batang ini dibiarkan tanpa dilakukan pemangkasan maka akan tumbuh tunas yang mampu mencapai ketinggian hingga 15 meter bahkan lebih. Batang tanaman ini mempunyai bermacam – macam warna yang masing – masing tergantung varietasnya.

4/Morfologi Bunga Pada Tanaman Buah Jeruk

Tanaman buah jeruk mempunyai jenis bunga yang bersifat bunga majemuk dengan warna putih bersih namun agak pucat. Bunga tanaman jeruk merupakan bunga sempurna / hermafrodit dimana dalam satu bunga terdapat putik dan benang sari. Benang sari dan putik yang bersangkutan terdapat pada mahkota bunga dengan jumlah bervariasi antara 5 s/d 20 benang sari dan hanya 1 buah putik yang melekat biasanya muncul pada bagian ketiak daun atau rating yang masih muda. Di samping itu bunga ini mengeluarkan bau harum dan mengandung nectar / madu sehingga mampu menarik minat serangga seperti lebah untuk menghampiri. Pada dasarnya tanaman jeruk bisa berbunga sepanjang tahun asalkan kondisi ekosistemnya memenuhi syarat pembungaan.

5/Morfologi Buah Dan Biji Tanaman Buah Jeruk

Seperti diketahui bahwa buah jeruk mempunyai bentuk yang bervariasi yaitu ada yang bulat, oval, atau lonjong memanjang yang mana kulit buah jeruk ada yang tebal dan mudah dikupas atau ada juga yang sangat tipis sehingga susah dikupas. Warna buah jeruk juga bervariasi antara lain kuning, hijau, dan jingga yang mana semua tergantung dari varietasnya masing – masing. Sedangkan biji – biji buah jeruk terdapat dalam bulir buah berukuran kecil – kecil berbentuk menyerupai telur semut namun pada salah satu ujungnya meruncing. Biji – biji jeruka berwarna putih keabu – abuan dengan jumlah biji ada yang banyak dan ada juga yang tidak berbiji tergantung dari varietasnya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jeruk madu, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kelapa

About the Author: penek

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *