Jenis Pestisida Tanaman Cabai

Jenis Pestisida Tanaman Cabai

Jenis Pestisida Tanaman Cabai – Cabai adalah salah satu jenis tanaman yang sangat populer dibudidayakan. Karena permintaan pasar dan banyak dan proses pembudidayaannya bida dibilang cukup mudah, cabai adalah salah satu jenis tanaman yang menjadi favorit para petani.

Meskipun membudidayakan tanaman cabai tidak terlalu sulit, akan tetapi tidak sedikit juga para petani yang mengalami gagal panen. Penyebab gagal panen tersebut bisa dipengaruhi oleh cuaca ataupun kurangnya pengalaman ataupun pengetahuan.

Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya cabai, pengetahuan tentang pestisida merupakan salah satu faktor yang perlu dipelajari oleh para petani.

Hal ini dikarenakan secara umum kerusakan tanaman cabai disebabkan oleh hama serta penyakit. Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman cabai itu sendiri memiliki cara penanganan yang berbeda-beda dan memerlukan pengendalian yang dibantu oleh pestisida.

Berikut ini adalah beberapa jenis pestisida tanaman yang bisa digunakan untuk menanggulangi hama serta penyakit pada tanaman cabai :

1. Fungisida

Jenis pestisida yang pertama adalah fungisida. Jenis pestisida ini biasa digunakan untuk menanggulangi penyakit berupa jamur atau cendawan. Jenis pestisida ini biasanya berbentuk seperti tepung, namun ada juga yang berbentuk cair.

2.  Akarsida

Jenis pestisida yang biasa digunakan untuk menanggulangi hama pada tamnaman cabai adalah akarisida. akrasida merupakan jenis pestisida yang digunakan untuk mengendalikan hama jenis kutu-kutuan. Pada umunya hama kutu menyebabkan daun tanaman cabai menjadi keriting dan kerdil.

3.  Insektisida

Jenis pestisida yang ketiga adalah insektisida. Pestisida jenis ini merupakan pestisida yang digunakan untuk mengendalikan hama serangga. Beberapa jenis serangga yang menjadi hama pada tanaman cabai misalnya lalat buah, ulat grayak, jangkrik, ulat tanah, belalangn dll.

4. Bakterisida

Jenis pestisida yang keempat adalah bakterisida. Seperti namanya, jenis pestisida ini biasa digunakan untuk menanggulangi penyakit pada tanaman cabai yang berupa bakteri.

5. Nematisida

Jenis pestisida yang kelima adalah nematisida. Jenis pestisida ini biasa digunakan untuk menanggulangi hama yang berada didalam tanah. Biasanya hama tersebut berupa nematoda/cacing atau puru akar. Nematisida biasanya berbentuk butiran seperti pasir.

About the Author: penek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *