Cara Membuat NPWP Pribadi

Cara Membuat NPWP Pribadi – Bagi anda yang belum mengetahui apa itu NPWP, saya akan menjelaskan lebih dulu pengertian NPWP. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang dimiliki seseorang untuk Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. NPWP ini juga dipakai sebagai tanda identitas diri dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Cara Membuat NPWP Pribadi
Cara Membuat NPWP Pribadi

Bila anda sebagai Wajib Pajak ingin mendaftar diri untuk mendapatkan NPWP, namun belum mengetahui caranya, ada baiknya anda mengetahui lebih dulu syarat serta caranya membuat NPWP secara pribadi.

Anda juga memiliki tiga cara untuk mendapatkan NPWP Pribadi.

  1. Pertama anda bisa mengunjungi Kantor Pelayana Pajak atau KPKP yang sesuai dengan wilayah tempat tinggal atau tempat kegiatan usaha anda sendiri.
  2. Kedua, anda bisa mengirim formulir pendaftaran melalui pos dengan melampirkan dokumen yang sudah ditentukan kepada KPP atau KP2KP yang sewilayah dengan tempat tinggal atau tempat kegiatan usaha anda.
  3. Ketiga, anda bisa mendaftar secara online melalui halaman e-registration Direktorat Jenderal Pajak yang bisa dibuka di https://ereg.pajak.go.id/ dan mendownload dokumen yang sudah ditentukan.

Dokumen yang perlukan sesuai persyaratan untuk mendaftar NPWP untuk pribadi berupa sebagai berikut:

  1. Untuk anda sebagai karyawan:
  • Untuk WNI, anda bisa menyiapkan fotokopi KTP
  • Untuk WNA, anda bisa menyiapkan fotokopi paspor dan fotokopi KITAS atau fotokopi KITAP.
  1. Jika anda adalah seorang yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas Anda perlu menyiapkan:
  • Dokumen identitas diri
  • Dokumen tempat usaha dan kegiatan usaha seperti : surat pernyataan bermaterai yang berisikan jenis dan tempat atau lokasi kegiatan usaha, atau keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menjadi mitra usaha Wajib Pajak.

Untuk seorang perempuan menikah dengan hidup terpisah dari suami sesuai keputusan hakim, perlu menyiapkan persyaratan berupa:

  1. Dokumen identitas diri
  2. Dokumen tempat dan usaha kegiatan berupa :
  • surat pernyataan bermaterai yang berisikan jenis dan tempat atau lokasi kegiatan usaha
  • atau keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menjadi mitra usaha Wajib Pajak.

About the Author: penek

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *