Bagaimana Cara Membuat Forum WordPress Dengan Menggunakan Wpfor?

Cara Membuat Forum WordPressYang dimaksud dengan WordPress adalah CMS atau platform pembuatan website terpopuler di dunia. Dimana lebih dari 30 persen website di dunia dibuat berdasarkan atas WordPress bisa menjadi begitu populer karena kemudahan penggunaan dan fitur – fiturnya yang lengkap.

Bagaimana Cara Membuat WordPress

Ada 8 langkah untuk membuat blog WordPress yaitu sebagai berikut :

  1. Install WordPress
  2. Mengelola dashboard WordPress
  3. Install tema WordPress
  4. Install plugin
  5. Posting artikel
  6. Membuat halaman WordPress
  7. Optimasi WordPress
  8. Setting keamanan WordPress

Untuk lebih jelasnya pemahaman terhadap artikel ini maka berikut ini kami berikan beberapa poin untuk membuat blog dengan menggunakan platform WordPress.

Langkah 1 : Cara Install WordPress

Menginstall WP bisa dilakukan dengan beragam cara baik itu secara otomatis maupun manual, berikut ini cara memasang WP dengan menggunakan auto installer dari Niagahoster. Dimana diketahui bahwa cara ini adalah paling sederhana yaitu menggunakan fitur auto install website WP dari Niagahoster. Sebenarnya anda dapat secara langsung memperoleh fitur tersebut dengan cara mencentang kolom Gratis Auto Install Website WP sebelum checkout ketika membeli WP hosting di Niagahoster.

Apabila anda lupa mencentang kolom tersebut di atas maka langkah selanjutnya anda tetap bisa mendapatkan fitur tersebut melalui member area.

Berikut ini adalah langkah – langkah install WP di melalui Niagahoster.

  • Login ke member area

Apabila sudah membuat akun di Niagahoster maka anda bisa login pada bagian sebelah pojok kanan atas situs Niagahoster.

  • Pilih menu hosting dan domain
  • Pilih hosting

Klik hosting yang ingin anda install dengan mengaplikasikan website WP.

  • Install WordPress

Langkah keempat adalah memilih untuk install website dengan memasang WP secara otomatis kea kun hosting anda.

  • Klik Install
  • isi Data

Isilah data – data yang diminta tersebut di atas seperti nama domain, judul website, deskripsi website, admin user, hingga admin password untuk selanjutnya klik install dan website WP anda sudah siap untuk dipakai.

Langkah 2 : Mengelola Dashboard WordPress

Setelah berhasil memasang WP dengan langkah – langkah tersebut di atas, langkah selanjutnya adalah membuka dashboard atau dasbor WP. Melalui dasbor WP ini anda bisa mengelola website dengan cara – cara mudah dari mengganti tema, menambah plugin, menambah halaman, hingga menerbitkan blogspot.

Cara membuka dasbor WP tidak sulit, anda hanya perlu menambahkan wp – admin di belakang domain anda. Misalnya www.namaanda.com / wp-admin untuk selanjutnya di layar anda akan muncul seperti ini.

Selanjutnya adalah masukkan username dan password yang sudah anda buat ketika menginstall WP dengan mengikuti langkah – langkah sebelumnya. Apabila login anda sukses maka akan muncul dasbor seperti tersebut di bawah ini.

Untuk informasi, dasbor WP terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu toolbar, menu navigasi, dan area kerja. Di toolbar anda dapat mengelola profil dibagian pojok kanan, juga anda akan memperoleh notifikasi berapa banyak komentar yang akan anda dapatkan melalui toolbar. Sedangkan pada bagian menu navigasi adalah sebagian besar aktivitas anda adalah mengelola WP terfokus di menu navigasi yaitu dari menerbitkan blogspot, mengunggah media, menambah halaman, mengelola komentar, mengganti tema, memasang plugin, hingga mengganti pengaturan WP. Sedangkan pada bagian ketiga adalah area kerja utama memiliki beberapa hal utama sebagai berikut :

At a Glance akan menampilkan jumlah post, halaman, komentar, dan versi WP yang akan digunakan dan activity menunjukkan informasi singkat tentang post – post dan komentar terbaru. Apabila anda memiliki ide – ide artikel dan ingin segera menulisnya maka anda bisa melakukannya dengan aplikasi quick draft namun anda tetap harus mau menerbitkannya melalui menu utama. Sedangkan WP news akan menampilkan berita – berita terbaru dari WP.

Demikian kami menjelaskan tentang cara membuat forum WP dengan menggunakan Wpfor, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Cara Memasang Tombol Subscribe Youtube di Blog

About the Author: penek

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *