Cara budidaya bayam untuk pemula

Cara budidaya bayam untuk pemula

Cara budidaya bayam – Bayam banyak dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah pada berbagai jenis tanah. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah.

Jika Anda tertarik untuk menanam baik untuk konsumsi sendiri maupun dalam jumlah besar dapat Anda lakukan dengan mudah. Pertama pilih metode yang akan digunakan sesuai dengan lingkungan.

Misalkan lingkungan Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas Anda dapat menanam di polybag atau jika media tanah sulit di dapat, Anda dapat menggunakan metode hidropinik dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Cara Budidaya Bayam Dalam Polybag

Cara Budidaya tanaman bayam dalam polybag dapat dilakukan di berbagai kondisi misalnya di kawasan perkotaan dengan lahan yang sempit. Metode ini juga tidak memerlukan teknik yang sulit sehingga mudah dilakukan.

Pertama siapkan benih tanaman yang berkualitas yang mudah ditemukan di toko bibit pertanian. Siapkan media semai rockwool, jika tidak ada dapat menggunakan tanah langsung. Lakukan penyemaian pada media semai.

Jika menggunakan polybag anda bisa menanam 5 – 10 benih pada satu media semai polybag ukuran sedang.

Lakukan penyiraman secara rutin setidaknya 2 kali dalam 1 hari. Penyiraman di lakukan tergantung pada kebutuhan bayam terhadap air.

Setelah benih tumbuh dengan baik sekitar berusia dua minggu, benih dapat dipindahkan ke media tanam polybag besar dengan 2 sampai 3 bibit.

Penyiraman dilakukan rutin pagi dan sore jika cuaca panas, kurangi jika musim hujan. Untuk perawaran bayam selama pertumbuhan dilakukan dengan pemberian pupuk dan pengobatan untuk menjaga kesuburan.

Gunakan pupuk kandang untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia apalagi jika bayam akan dikonsumsi sendiri. Bersihkan tanaman dari tumbuhan liar yang dapat mengganggu dan bisa tumbuh lebih maksimal.

Terakhir bayam memasauki masa panen tergantung jenis bayam yang di budidayakan. Anda bisa panen dengan mencabut serta akar tunggangnya atau dengan memetik bagian daun mudanya saja. Jika dilakukan dengan telaten terutama pada tahap perawatan tanaman bayam akan tumbuh subur dan dapat dikonsumsi keluarga.

Baca juga : Cara Budidaya Selada Untuk Pemula

About the Author: penek

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *